Kalau belum tahu ayo sama-sama kita bahas lebih luas mengenai Kota Pintar atau Smart City !!!

Sumber Gemalto Smart City Banner

Smart city adalah sebuah kota yang mampu mengelola dan memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki seperti sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya lainnya sehingga warganya dapat hidup nyaman. Menurut Caragliu, A., dkk (2010:3), smart city didefinisikan sebagai kota yang mampu menggunakan sumberdaya manusia, modal sosial dan infrastruktur telekomunikasi modern untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kualitas kehidupan yang tinggi dengan manajemen sumberdaya yang bijaksana melalui pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat. Adanya konsep smart city ini diharapkan dapat mempermudah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Konsep ini akan terpenuhi apabila kota tersebut sudah mampu untuk mengelola sumber dayanya secara berkelanjutan menggunakan sistem terintegrasi serta memiliki infrastruktur dasar yang terpenuhi seperti air, listrik, sanitasi limbah, keamanan, pemanfaatan teknologi informasi dalam kehidupan, baik pemerintahan maupun masyarakat dan transportasi yang efisien sehingga dapat meningkatkan mobilitas masyarakat.

IBM (International Business Machines Corporation) adalah perusahaan teknologi ternama di Amerika menuturkan enam indikator dasar yang harus dipenuhi dalam mewujudkan smart city yaitu masyarakat penghuni kota smart people, smart economy, smart governance, smart living, smart envoronment. Dengan mampu menerapkan atau memenuhi salah satu dari enam indikator tersebut diharapkan sebuah smart city dapat membantu menyelesaikan masalah perkotaan, seperti transparansi dan partisipasi publik, keamanan, kemudahan transportasi publik, data dan informasi yang terpenuhi.

Menurut pakar Smart City Winarno, konsep smart city juga menerapkan lingkungan yang lebih lestari karena konsep penganturan limbah dan pengelolaan air yang lebih maju. Dengan Konsep ini dapat mendatangkan wisatawan sebanyak mungkin, menarik investor agar berinvestasi di kota tersebut, kemudian menarik penghuni baru baik itu dari kalangan profesional, akademisi, dan usahawan bertempat tinggal di kota tersebut. Kesemuanya itu tolak ukur nya adalah kota tersebut memiliki daya tarik yang kuat.

Smart city dapat diterapkan dikota mana saja, seperti yang dilansir dari laman http://www.neraca.co.id dikatakan bahwa, “smart city merupakan pengembangan dan pengelolaan kota dengan memanfaatkan teknologi infomasi (TI) untuk menghubungkan, memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Namun sistem TI bukan tujuan utama, banyak kota yang membelanjakan TI tapi tidak mengelolanya dengan maksimal. Oleh karena itu, smart city tidak selalu untuk kota yang harus mempunyai akses internet yang memadai dan berbasis TI.”

Salah satu penerapan dari smart city adalah penerapan smart governance yang bertujuan agar adanya pemerintahan yang transparan, kemudahan partisipasi publik, dan informatif. Contohnya pada pemerintah Kota Kendari yang sudah mulai menggunakan aplikasi LAIKA. Aplikasi LAIKA (Layanan Integrasi Kendari) adalah aplikasi pelayanan surat-surat administrasi kepundudukan pada setiap kelurahan di Kota Kendari. Aplikasi LAIKA ini memudahkan masyarakat kota kendari mulai dari informasi persyaratan pelayanan, proses pengajuan pelayanan dan sampai penerbitan surat-surat tersebut. Aplikasi LAIKA (Layanan Integrasi Kendari) yang kami ciptakan ini sedang diimplementasikan pada seluruh Kelurahan Lingkup Pemerintah Kota Kendari. 

Untuk melihat lebih banyak produk dari Techno’s Studio yang sudah diterapkan di Kota Kendari klik ini.

Facebook Comments

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com