IoT sangat berpengaruh pada terciptanya konsep smart city. Apa sih peranan dari IoT ini?

Sumber Gambar. telemedicinamorsch.com

Penggunaan internet yang semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan masing-masing individu, instansi perkantoran maupun organisasi, bisnis dan beragam industri akan informasi yang bersifat real time memberi dampak yang sangat signifikan pada pengembangan alat-alat elektronik yang ditujukan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Pengembangan alat-alat elektronik ini dibuat ke dalam sistem cerdas dengan memanfaatkan teknologi internet.

Teknologi selalu menuntut adanya sebuah pengembangan hingga menjadi sesuatu yang kompleks, seperti dapat melakukan kontrol pada suatu benda (alat elektronik) ataupun aktivitas yang terjadi dalam sebuah ruang. Saat ini penggunaan teknologi sudah mulai diterapkan di berbagai bidang seperti transportasi, gedung (perkantoran, perumahan, perusahaan, dan lainnya), serta sistem informasi. Oleh karena itu, internet menjadi sebuah kebutuhan yang harus terus dipenuhi.

Perkembangan internet yang sangat cepat, memunculkan sebuah inovasi baru yaitu IoT (Internet of Things). IoT (Internet of Things) adalah kemampuan sebuah benda untuk saling terkoneksi dan bertukar data melalui internet tanpa perantara manusia. Benda ataupun alat-alat elektronik yang sudah dipasangkan sebuah sensor kemudian terkoneksi ke internet yang selanjutnya ditampilkan pada sebuah interface seperti pada tampilan mobile application.

Penerapan IoT sangat berpengaruh pada terciptanya konsep smart city, hal ini dikarenakan teknologi IoT adalah inti dari pengembangan aplikasi smart city. Dengan adanya IoT (Internet of Things) dapat merubah cara kerja suatu kota atau daerah seperti pada penggunaan transportasi umum, layanan pemerintahan yang transparan, sanitasi limbah, pemeliharaan lingkungan, peningkatan keamanan, mengontrol mesin pabrik serta pemanfaatan pada penggunaan alat elektronik rumah.

Berikut contoh penerapan IoT (Internet of Things) yang dilansir dari Indonesia IoT Pioner, yaitu:

  • Pada aplikasi Informasi Banjir Online, aplikasi ini selain mengandalkan laporan warga juga terdapat sensor-sensor banjir yang dapat mengukur ketinggian air secara real time disebarkan ke seluruh wilayah kota sehingga informasi dapat diinformasikan ke Command Center secara cepat dan selanjutnya langsung dapat ditangani oleh Dinas terkait.
  • Sistem Notifikasi Gempa dan Tsunami. Pada sistem Early Warning System ini terdapat sensor-sensor yang sudah ditempatkan di daerah rawan bencana alam dapat memberikan informasi secara langsung kepada warga sekitar lokasi rawan gempa/longsor/tsunami dalam hitungan detik.
  • Sistem Smart Parking. Pada sistem ini, sensor parkir diletakkan di tempat parkir umum. Pemakaian sistem smart parking ini dapat membantu pemerintah kota memonitor dan mengontrol pendapatan daerah dari parkir. Benefit yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat berupa check status dari parkir yang tersedia dan sistem book/bayar parkir secara online. (http://iot.co.id).

Namun pada pemanfaatannya, IoT (Internet of Things) memiliki batasan seperti pada sumber daya yang akan dibutuhkan misalnya, kebutuhan finansial yang cukup besar, peralatan yang menunjang konsep smart city masih langka serta ketersediaan infrastruktur yang dilakukan bertahap sehingga memerlukan waktu yang lama untuk mewujudkan smart city. Oleh karena itu, penerapan IoT (Internet of Things) dalam mewujudkan smart city harus membutuhkan persiapan yang tepat dan matang. 

Facebook Comments

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com