Saat ini teknologi mengalami perkembangan yang cukup pesat. Beberapa perusahaan maupun organisasi dan instansi pemerintahan mulai menggunakan teknologi dalam menyelesaikan pekerjaannya. Penggunaan teknologi seperti sistem informasi dan aplikasi komputer disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Agar lebih efektif dan efisien biasanya perusahaan atau instansi pemerintahan membutuhkan tenaga ahli yang dapat melakukan perawatan pada peralatan teknologi yang digunakan. Tidak hanya perawatan tetapi juga pemecahan masalah atau error pada peralatan dan sistem yang digunakan.

Untuk itu, diperlukan sumber daya manusia yang mampu dan menguasai penggunaan teknologi tersebut. Dalam istilah IT, orang yang memiliki kemampuan dalam mengatasi masalah teknis, memiliki kemampuan komunikasi dan ilmu bisnis, kemampuan analisa yang baik serta memiliki kemampuan manajemen disebut sebagai konsultan (Konsultan IT). Tugas dari IT Konsultan itu sendiri adalah membantu client atau pengguna layanan IT dalam menerapkan teknologi informasi yang sesuai dengan tujuan pengguna sehingga dapat meningkatkan kinerjanya. Perusahaan atau instansi yang sudah menggunakan teknologi dalam seluruh lini pekerjaannya, pasti membutuhkan IT Konsultan untuk membantu menjalankan sistem dan menganalisa error pada sistem tersebut.

Dalam pemilihan IT Konsultan untuk perusahaan harus memperhatikan beberapa indikator yaitu:

1.     Berpengalaman.

Indikator seseorang dikatakan sebagai IT Konsultan yang berhasil salah satunya adalah mampu menyelesaikan banyak kasus dengan sangat baik dengan hasil yang sangat memuaskan meski kasus yang diselesaikan tergolong sulit. Penyelesaian kasus yang ditangani juga bisa termasuk dari berbagai daerah, hal ini juga menunjukan bahwa jangkauan masalah yang ditangani sudah luas.

Gambar Saihasys

2.      Memiliki Legalitas yang Jelas.

Legalitas sebuah IT Konsultan dapat dilihat dari surat izin seperti CV dan PT sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda sebagai client. Sedangkan untuk kondisi finansial atau keuangan disini yang dimaksud adalah laba atau rugi yang akan diperoleh. Jadi, anda memiliki hak untuk mengetahui hal tersebut sebelum menjalin kerja sama dengan perusahaan IT Konsultan.

Gambar Izinusaha.com

3.      SDM yang Kompeten.

Sebagai konsultan di bidang IT keahlian dari masing-masing personil harus memiliki keahlian yang kompeten dibidangnya. Tidak hanya keahlian tetapi juga pengalaman yang banyak menjadi tolok ukur bagi client untuk menentukan IT Konsultan seperti apa yang akan digunakan untuk mengawasi sistem dan teknologi informasi di perusahaannya.

Gambar Nimaworks

4.      Mempunyai SLA (Service Level Agreement).

Service level agreement (SLA) merupakan salah satu indikator yang menunjukan bahwa Perusahaan IT Konsultan tersebut professional. Selain itu, SLA juga berfungsi sebagai penjamin kualitas dan dukungan dari suatu layanan.

Gambar FreshService.com

5.      Mempunyai Portofolio yang Berkualitas.

Portofolio yang lengkap seperti memiliki pengalaman dan pengimplementasian produk, sistem dan aplikasi di berbagai tempat serta pemaparan lengkap mengenai sumber daya manusia atau tenaga profesional yang dimiliki menjadi hal penting yang membantu client dalam mengambil keputusan memilih sebuah IT Konsultan yang berkualitas.

Gambar Aweita.republica

6.      Memiliki Mitra Kerja yang Banyak.

Sebuah IT Konsultan yang baik pasti memberikan pelayanan yang baik, seperti pelayanan paska konsultasi dapat diberikan sebagai service tambahan. Pelayanan yang baik dapat meningkatkan loyalitas mitra kerja. Oleh karena itu, tidak heran jika sebuah IT Konsultan memiliki banyak mitra yang loyal.

Gambar ThinkCode

Jika IT Konsultan yang anda pilih sudah memenuhi 6 hal ini, maka jangan diragukan lagi namun anda harus tetap mengawasi. Untuk Sulawesi Tenggara khususnya Kota Kendari sudah mulai bermunculan beberapa perusahaan yang bergerak dibidang IT Konsultan yang mempunyai kemampuan dan keahlian yang mumpuni dan mitra kerja yang cukup banyak, salah satunya adalah Techno’s Studio.

Facebook Comments
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com