Saat ini, internet menjadi sebuah teknologi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan digunakan dalam segala bidang seperti pendidikan, pemerintahan, bisnis dan persebaran informasi secara real time. Teknologi yang terus berkembang menuntut agar manusia selalu belajar dan terbiasa akan perubahan. Perkembangan teknologi yang paling nampak adalah penggunaan alat komunikasi, saat ini alat komunikasi seperti smartphone sudah memiliki teknologi yang hampir sama dengan komputer. Selain itu smartphone juga dilengkapi dengan mesin pintar dan aplikasi yang dapat membantu pekerjaan serta model fisik yang mudah dibawa kemana saja membuat smartphone menjadi sebuah teknologi yang perkembangannya paling cepat.

gambar brajalink.com

Dengan adanya smartphone yang dilengkapi dengan kecanggihan teknologi sehingga internet semakin mudah untuk diakses dan persebaran informasi semakin cepat memberi dampak terhadap perkembangan user dalam mengakses sesuatu. Hal tersebut terus meningkat sesuai dengan kebutuhannya. Saat ini, hampir seluruh kebutuhan manusia dapat diakses melalui smartphone, seperti kebutuhan informasi akan tempat-tempat berbelanja, restoran, wisata, transportasi, kesehatan, perkembangan bisnis, pendidikan hingga mencari pekerjaan semuanya dapat dengan mudah diakses. Kemudahan akses inilah yang dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk lebih memperkenalkan bisnisnya melalui pasar digital.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkap kebiasaan masyarakat Indonesia dalam berinternet tercatat bahwa pengguna internet di Indonesia paling banyak mengakses konten video, chatting dan media sosial, serta aktivitas jual beli online. Berdasarkan data yang dilansir dari WebSindo, jenis sosial media yang memiliki tingkat pengaksesan yang tinggi yaitu Youtube, WhatsApp, Facebook dan Instagram menempati posisi teratas.

Dengan rentan usia penggunanya yang dimulai dari usia 13 – 65 tahun, berdasarkan data dari Extrapolated from Facebook Data (January 2019) sesuai dengan kombinasi iklan yang paling banyak digunakan.

Dari representasi data tersebut diciptakanlah momentum untuk memperkenalkan dan mengembangkan usaha mereka melalui sosial media.

Pengembangan e-commerce dengan memanfaatkan internet merupakan langkah yang tepat. Namun, pengetahuan dan wawasan akan digital marketing harus dimiliki untuk menghindari atau meminimalisir kegagalan dalam mengembangkan suatu bisnis digital adalah memahami pola konsumen yang menjadi target bisnis yang akan dijalankan. Dengan memahami pola perilaku konsumen dan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa melakukan beberapa hal untuk mengembangkan e-commerce yang kita miliki. Berikut hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan e-commerce dengan memanfaatkan internet :

1.    Iklan Produk Menjadi Lebih Mudah.

Dengan adanya internet, informasi semakin mudah untuk didapatkan melalui berbagai platform dan menjadi tempat mempromosikan produk sekaligus menjadi pasar bagi para pengusaha saat ini.

2.    Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan.

Perkembangan alat komunikasi saat ini sudah sangat cepat, misalnya smartphone, saat ini menjadi salah satu teknologi yang perkembangannya sangat cepat, berbagai kecanggihan mulai melengkapi alat komunikasi membuat pertukaran informasi dan komunikasi menjadi lebih lebih mudah. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk menjangkau lebih banyak orang untuk kepentingan usaha.

3.    Komunikasi Antar Pelanggan Lancar.

Dengan adanya internet yang didukung dengan teknologi yang memadai membuat komunikasi antar sesama menjadi lebih cepat tanpa harus terkendala oleh waktu dan tempat untuk berdiskusi.

4.    Menganalisa Pesaing.

Informasi mengenai hal apapun saat ini sudah semakin mudah untuk didapatkan, termasuk juga informasi tentang bisnis mudah didapatkan dari berbagai sumber seperti website, video, gambar yang dapat dijadikan referensi perkembangan trend dan menjadi dasar untuk membuat dan meningkatkan strategi bersaing.

5.    Efektif dan Efisien.

Dengan teknologi yang semakin baik, pertukaran data tidak lagi dilakukan secara manual melainkan secara otomatis sehingga dalam satu waktu bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan.

Oleh karena itu, dalam mengembangkan bisnis digital atau e-commerce kita harus memiliki wawasan bisnis yang baik serta memahami perilaku yang menjadi pangsa pasar bisnis yang akan kita jalani dan juga memahami dan tau cara pemanfaatan teknologi yang tepat yang bisa mendongkrak bisnis kita menjadi lebih baik.

Facebook Comments

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com