Pernahkah kalian terpikir saat melakukan pencarian di search engine seperti Google, Yahoo!, Bing atau jenis pencarian lainnya, mengapa nama beberapa website muncul di awal atau berada paling atas? Untuk membahas hal ini, kamu bisa baca artikel di bawah ini seputar SEO dan cara penggunaannya.

gambar oberlo.com

Optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Search Engine Optimization merupakan trik atau cara agar mendapatkan rangking website pada pencarian atau kunjungan dengan memperhatikan algoritma dari mesin pencarian tersebut. Search Engine Optimization (SEO) terdiri dari dua yaitu On Page SEO dan Off Page SEO. On Page SEO adalah upaya mendapatkan ranking di mesin pencari dengan mengoptimalkan performa pada bagian/struktur halaman itu sendiri. Sedangkan, Off Page SEO adalah tahap optimasi yang dilakukan dari luar halaman yang akan mendukung eksistensi halaman utama, bisa berupa backlink, social share dan lainnya. (niagahoster.co.id).

Penggunaan SEO (Search Engine Optimization) bertujuan agar website kita mendapat ranking atau urutan teratas dalam pencarian. Oleh karena itu dalam pengimplementasian SEO harus memperhatikan berbagai aspek yang dapat mempengaruhi website tersebut, seperti website harus selalu diupdate agar dapat mendapat rangking dan menempati pencarian pertama serta memahami secara detail tentang SEO agar dapat menerapkannya dengan baik dan meningkatkan kualitas website. Selain itu, penggunaan SEO juga dapat mengurangi biaya iklan, membuat website memiliki pengunjung yang banyak dan terkenal.

Kesalahan dalam penggunaan SEO dapat berakibat fatal bagi website. Kesalahan seperti tidak menguasai faktor teknis maupun non teknis dalam penggunaan SEO dapat mengakibatkan ranking menurun dan tidak mampu bersaing, terlebih lagi jika website tersebut adalah sebuah website bisnis maka akan banyak pesaing.

Berikut fungsi atau penggunaan SEO adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan volume kunjungan pada halaman website. Penggunaan SEO yang tepat dapat meningkatkan jumlah pengunjung website dengan cepat.  
  • Menyediakan informasi berdasarkan kata kunci. Penetapan kata kunci pada SEO harus benar-benar mewakili isi dari konten website, karena itu akan sangat membantu bagi pengguna yang membutuhkan informasi dan jika menemukan website yang sesuai dengan yang dibutuhkan maka besar kemungkinan dia akan mengunjungi website kita dan merekomendasikannya kepada orang lain.
  • Sebagai media pemasaran. SEO berperan penting dalam promosi website terutama website bisnis karena dengan penggunaan SEO website akan dengan mudah ditemukan dan otomatis jumlah pengunjung akan meningkat.
Facebook Comments
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com