Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan dan penyampaian atau pemindahan informasi antar sarana/media, (bpptik.kominfo.go.id). Sebagai media penyalur informasi, TIK dalam perkembangannya sangat mempengaruhi segala bidang, termasuk bidang pemerintahan. Teknologi IT dalam pemerintahan merupakan sebuah terobosan baru dalam hal pengelolaan dan penyebaran informasi mengenai pemerintahan kepada masyarakat. Dengan adanya teknologi yang diterapkan dalam sebuah pemerintahan diharapkan dapat memberi kemudahan dan transparansi publik serta penyelesaian pekerjaan yang semakin kompleks. Saat ini pemerintah mulai menerapkan e-government. E-government adalah sebuah sistem pemerintahan yang berbasis teknologi yang bertujuan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat serta meningkatan pelayanan pemerintah demi pemenuhan kebutuhan publik secara cepat dan tepat waktu.

Dalam penerapannya e-government memiliki tiga model yang diterapkan yaitu:

  • Government to Citizen.

Government to citizen merupakan model yang memungkinkan pemerintah dapat melakukan interaksi dengan masyarakat mengenai pelayanan publik dan penyebaran informasi kepemerintahan yang dilakukan satu arah.

Gambar Armada Infotech
  • Government to Business.

Government to business merupakan model yang memungkinkan adanya transaksi elektronik yang terjadi antara pemerintah dan pebisnis. Dengan adanya penerapan government to business diharapkan tersedianya informasi yang diperlukan baik itu oleh pemerintah atau pelaku bisnis untuk melakukan transaksi. Pelaku bisnis juga dapat dengan mudah melakukan penjualan produk atau jasa ke pemerintah melalui aplikasi atau sistem informasi.

Gambar Armada Infotech
  • Government to Government.

Government to government merupakan model yang memungkinkan adanya interaksi dan komunikas serta pertukaran informasi antar departemen atau lembaga pemerintahan suatu negara dengan negara lain.

Gambar Armada Infotech

Nah dari tiga model penerapan e-government apabila dapat dimanfaat secara tepat maka akan sangat bermanfaat, tidak hanya bagi pemerintah namun juga bagi seluruh masyarakat. Berikut beberapa manfaat dari penerapan teknologi dalam bidang pemerintahan, yaittu:

  1. Pelayanan dapat dilakukan kapan dan dimana saja, karena masyarakat dapat mencari tahu dan melakukan administrasi ringan (registrasi,pembayaran, dan penadaftaran) tanpa harus datang di kantor.
  2. Meningkatnya hubungan antara pemeritah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum.
  3. Terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan pelayanan publik yang cepat dan kemudahan mendapatkan dan mengakses informasi.
  4. Pelaksanaan kinerja dalam pemerintahan yang lebih efisien . Sebagai contoh, antara anggota dan staf pemerintahan dapat dengan mudah melakukan koordinasi melalui e-mail atau video confrrence.
  5. Masyarakat dengan mudah melihat kebjakan dan kinerja pemerintah melalui situs resmi pemerintahan dan juga masyarakat dengan mudah memberi masukan kepada pemerintah mengenai kebijakan-kebijakan secara langsung.
  6. Masyarakat juga diberi kemudahan untuk mengetahui situasi melalui informasi yang tersebar seperti, keadaan lalu lintas, jumlah pendudukan, harga barang dan informasi lainnya.

Oleh karena itu, saat ini beberapa kota di Indonesia mulai mengubah sistem pemerintahan mereka dari yang berbentuk manual menjadi sebuah sistem pemerintahan yang berbentuk digital, salah satunya Kota Kendari, Sulawesi Tenggara yang juga mulai mengkomputerisasi sistem pemerinahannya, salah satu contohnya yaitu aplikasi persuratan di kelurahan (LAIKA).

Facebook Comments
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com