Android O Developer Preview Sudah Tersedia. Apa Saja Fiturnya?

Setelah meluncurkan Android N (Nougat) pada tahun lalu, Google dijadwalkan untuk merilis Android O pada tahun ini. Sebelumnya, Google telah merilis Factory Image pertama untuk Developer Preview (DP) dari Android versi terbaru ini yang dapat dilihat pada laman resmi Android. Berikut hal-hal yang akan dibawa oleh Android O yang nama lengkapnya belum diketahui, meski seluruh orang setuju kalau nama Android selanjutnya adalah “Oreo”.

1

 

Batas Aktivitas Di Latar Belakang

2

Pada Android O, akan ada batasan secara otomatis yang dikenakan ke aplikasi dan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di latar belakang. Hal ini memberikan peningkatan kinerja dan daya tahan baterai, di sisi lain juga membuat lebih mudah bagi developer untuk membuat aplikasi yang bekerja dengan baik dan tidak merusak baterai Anda. Batasan aktivitas pada latar belakang merupakan perubahan yang signifikan dalam bagaimana OS Android bekerja, namun ini hanya akan berlaku untuk aplikasi yang menargetkan Android O saja, dengan kata lain bagi aplikasi yang menargetkan OS sebelumnya fungsi ini tidak akan berjalan secara optimal.

 

Channel Notifikasi dan Snoozing

2

Notifikasi juga mendapatkan pembaruan dalam Android O. Pengembang dapat menentukan kategori untuk konten notifikasi, sehingga pengguna akan memiliki kontrol untuk mengurai notifikasi dari berbagai jenis pemberitahuan bahwa setiap aplikasi dapat menunjukkan notifikasi masing-masing. Anda akan mendapat banyak pilihan ketimbang harus memblokir notifikasi satu persatu dari aplikasi tertentu.

Selain itu, Android O juga menambahkan pengelompokan dan visual baru untuk notifikasi, sehingga lebih mudah untuk melihat apa yang ada di bawah naungan sekilas notifikasi. Lalu ada juga fungsi snoozing yang akan menyingkirkan notifikasi untuk jangka waktu tertentu.

 

Picture-in-Picture mode, Autofill API

3

Fitur Picture-in-Picture (PiP) pertama kali muncul di Android TV dan sekarang akan hadir pada ponsel juga. Jadi, Anda akan bisa menonton video sambil melakukan hal-hal lain. Dukungan multi-display ini akan ada di Android. Selain itu, Android O akan memiliki seluruh sistem Autofill API sehingga aplikasi seperti manajer password akan dapat mendaftar sebagai penyedia autofill dan menawarkan untuk menjadi solusi standar pengisian otomatis Anda.

 

Sumber Font di XML, Ikon Adaptif

4

Font merupakan jenis source yang sepenuhnya didukung di Android O. Aplikasi dapat menggunakan font di layout XML serta menentukan keluarga font di XML. Kemudian terdapat fitur Ikon adaptif yang akan membantu Anda mengintegrasikan UI perangkat menjadi lebih baik.

 

Fitur Lain

5

Untuk fitur lainnya termasuk wide-gamut color untuk aplikasi (AdobeRGB, Pro Photo RGB, DCI-P3), LDAC, Wi-Fi Aware (untuk berkomunikasi dengan perangkat terdekat melalui Wi-Fi tanpa jalur akses internet), serta Telecom Framework yang memungkinkan aplikasi telepon dari pihak ketiga dapat terintegrasi dengan sistem. Android Runtime juga lebih cepat dari sebelumnya dengan perbaikan hingga 2x.

 

Tanggal Rilis

Rilis final dari Android O direncanakan berlangsung pada kuartal ketiga tahun ini. Sampai saat itu, akan ada tiga build Developer Preview (DP) yang diluncurkan. DP2 akan datang pada pertengahan Mei, dan DP3 dengan API terakhir akan tiba pada pertengahan Juni. Sementara DP4 harus mendarat pada pertengahan Juli.

 

Sumber Tulisan : Berita Teknologi; Android

Sumber Gambar : Google Play; Android Guide; Wiki How; 9 to 5 Google; Gigacom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.