Kalau ada yang mudah kenapa mesti yang susah?…

Pepatah itu sering sekali kita dalam memilih cara menyelesaikan sesuatu, nah prinsip ini bisa dibilang sejalan dengan mengapa teknologi diciptakan agar memudahkan kita dalam bekerja dan menyelesaikan sesuatu, baik itu masalah rumit yang tidak ada habis-habisnya sampai masalah sepele seperti membelah kulit kuaci. 

Aplikasi Wajib Bagi Anak Kuliah (Eps. 10) | #rekomendasits

Milenials, menjadi generasi yang paling banyak merasakan dampak dan pengguna utama teknologi. Tidak ada satupun keseharian yang bisa dipisahkan dari teknologi, utamanya social media. Selain itu karena generasi ini merupakan generasi yang paling melek teknologi, beragam aplikasi diluncurkan untuk memberikan kenyamanan. Salah satunya aplikasi-aplikasi yang membantu masa perkuliahan maupun sekolah. 

Apa saja aplikasi yang wajib dimiliki oleh kamu yang masih berkuliah atau sekolah?

Mathe Alarm Clock

Aplikasi ini akan sangat cocok bagi kamu yang sering terlambat karena kesiangan. tidak hanya menyediakan fitur alarm, kamu juga bisa bertambah ‘pintar’ dengan harus menyelesaikan beberapa soal matematika terlebih dulu untuk mematikan alarmnya. Tidak hanya melatih otak dalam berhitung.

iPusnas

iPusnas adalah aplikasi mobile dari Perpustakaan Nasional. Aplikasi ini adalah perpustakaan digital dalam format social media sehingga tidak hanya dapat membaca ebook, pengguna juga dapat berinteraksi dengan pengguna lain. 

Ebook yang disediakan pun beragam mulai dari buku pengetahuan, non fiksi dan juga fiksi. Jika ingin membaca ebook dalam iPusnas, kamu harus login terlebih dulu. Ketersediaan buku pun sama halnya ketika kita meminjam buku di perpustakaan pada umumnya dimana kita diberi batas waktu dalam membaca sehingga pengguna lain dapat membacanya juga, ataupun menunggu ebook kembali tersedia jika sedang dipinjam untuk dibaca online. 

Ebook yang disediakan pun beragam mulai dari buku pengetahuan, non fiksi dan juga fiksi. Jika ingin membaca ebook dalam iPusnas, kamu harus login terlebih dulu. Ketersediaan buku pun sama halnya ketika kita meminjam buku di perpustakaan pada umumnya dimana kita diberi batas waktu dalam membaca sehingga pengguna lain dapat membacanya juga, ataupun menunggu ebook kembali tersedia jika sedang dipinjam untuk dibaca online. 

Google Drive

Pengguna Gmail sudah tentu mengenal fitur penyimpanan dari email Google ini. Google Drive merupakan cloud penyimpanan data yang diakses secara online dari perangkat masing-masing yang telah terhubung dengan surel email. Tidak hanya itu, Gmail yang juga dilengkapi fitur Google Docs akan membantu kamu dalam mengerjakan tugas online bersama teman kamu dalam satu dokumen word.

Dengan adanya Google Drive kamu cukup mengupload file tersebut agar dapat mengaksesnya dimanapun. Tapi pastikan perangkat kamu memiliki jaringan data atau tersambung di Wifi ya.  

Easybib

Salah satu bagian yang merepotkan dari mengerjakan tugas adalah membuat daftar pustaka. Kamu, terlebih ketika kamu memasuki masa skripsian. Bukan hanya ribet menentukan mana nama akhir, nama tengah, nama depan, setiap universitas atau jurusan juga punya standar format referensi sendiri yaitu APA dan MLA. Beberapa malah menghabiskan banyak waktu untuk merunut semua referensi pustakanya. 

Dengan Easybib, satu beban berat kamu terangkat. Aplikasi ini akan mencari nama penulis, tahun dan kawan-kawannya cukup dengan menuliskan judul buku atau menscan barcode yang terdapat dalam buku. Kamu pun bisa memilih menggunakan format apa dan voila! Tinggal copy-paste aja deh.

CamScanner

Masih berhubungan dengan urusan tugas akhir, saat mengurus tugas akhir adalah menscan surat. Kamu harus bolak-balik ke tukang fotokopian agar bisa memasukkan tanda tangan dosen atau penguji ke draft skripsi kamu. Tapi kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan Cam Scanner. Hasil scan dari aplikasi ini layaknya scanner yang biasa digunakan dan kamu bisa mengatur kualitas cahaya maupun kontrasnya. Hasil dari scannya itu sendiri berupa pdf dan tentunya tersimpan di ponsel kamu.

 Evernote

Aplikasi terakhir yang wajib ada di ponsel kamu adalah evernote. Aplikasi ini dirancang dengan beragam multifungsi yang tidak hanya terbatas di notes tetapi bisa juga sebagai planner, catatan kuliah yang dapat menyertakan notes dan gambar. Selain itu aplikasi ini dapat terhubung di PC maupun gadget dan kalender sehingga kamu akan memiliki alarm dari jadwal yang kamu buat. 

Facebook Comments