Berapa Gaji Untuk Seorang Programmer?

Di era digital seperti saat ini, tenaga seorang programmer sangat dibutuhkan. Terlebih saat ini tersedia berbagai bahasa pemrograman dengan fungsinya masing-masing. Namun dari sekian banyak bahasa pemrograman, manakah yang menawarkan bayaran paling tinggi?

 

Flat design style modern vector illustration concept of programmer or coder workflow for website coding and html programming of web application. Isolated on stylish colored background.

(Sumber : Flickr)

 

Hal ini terungkap dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Packt Publishing pada akhir 2016 lalu. Packt Publishing merupakan sebuah perusahaan publisher buku yang terkait dengan bahasa pemrograman. Dalam hasil survei tersebut menjelaskan jika saat ini programmer yang menguasai bahasa Bash, Perl dan Scala menjadi programmer dengan bayaran tertinggi dunia. Mereka pun bisa memperoleh pundi-pundi uang tak kurang dari USD 80 ribu atau setara kurang lebih 1 miliar rupiah per tahun.

 

gaji-programmer

(Sumber : Packt Publishing)

Kemudian programmer yang menguasaui bahasa Delphi, SQL, C#, C++, R ataupun CSS mempunyai bayaran rata-rata sebesar USD 60 ribu atau setara 788 juta rupiah per tahun. Ada pula beberapa kelompok programmer yang memperoleh bayaran berkisar dalam rentang antara USD 40 ribu – 60 ribu. Mereka adalah yang biasa menggunakan bahasa Visual Basic, Ruby, Swift, JavaScript, Java ataupun Phyton. Dari sekian banyak pilihan bahasa pemrograman, PHP dan C ternyata memiliki bayaran yang paling kecil. Menurut catatan PacktPublishing, para programmer C dan PHP hanya memperoleh bayaran sebesar USD 40 ribu per tahun.

 

Sumber : Berita Teknologi; Packt Publishing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *