Inovasi Gadget Bagi Penyandang Cacat

Secara umum, para penyandang cacat memiliki keterbatasan dalam hal fisik sehingga mereka sulit untuk melakukan beberapa hal yang dilakukan orang normal. Kemajuan teknologi telah mendorong peluncuran produk inovasi yang khusus dirancang untuk membantu para penyandang cacat. Beberapa inovasi diharapkan memberikan kemudahan sehingga para penyandang cacat akan lebih terbantu dan dapat hidup seperti kebanyakan orang lainnya. Maka dari itu, dibuatlah gadget untuk penyandang cacat. Nah, berikut ini 4 teknologi gadget yang khusus dirancang untuk membantu penyandang cacat.

 

  1. Tobii Dynafox PCEye Explore

1

(Sumber : Tobiidynafox)

Tobii Dynavox PCEye Explore merupakan gadget untuk penyandang cacat yang dikembangkan oleh Tobii Dynavox guna membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan bergerak melalui pengoperasian Windows PC dengan mata mereka. Alat tersebut telah terhubung dengan Windows 8/10 dengan menggunakan eye tracker yang memungkinkan untuk dapat mengendalikan mouse. Alat ini tentunya sangat aman sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika penggunaannya akan membahayakan mata. Gadget ini dibanderol dengan harga GBP 1.735 atau setara dengan Rp 28 juta.

 

  1. UNI

2

(Sumber : Indiegogo)

UNI merupakan produk yang diluncurkan untuk membantu penderita tunarungu dan orang-orang yang sulit berkomunikasi dengan orang lain. Cara kerja UNI adalah dengan mendeteksi bahasa isyarat menggunakan kamera dan segera mengubahnya menjadi teks agar tercipta kemungkinan komunikasi dua arah. Selain itu, alat ini dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan pemakainya. UNI sendiri dibanderol sedikit lebih mahal di kisaran USD 4.000 atau setara dengan Rp 53 juta.

 

  1. Braille Edge 40

3

(Sumber : HIMS Incorporated)

Gadget ini dikhususkan untuk penyandang tunanetra agar mereka dapat mengontrol PC, Smartphone ataupun PDA. Braille Edge 40 ini terhubung dengan perangkat lain melalui Bluetooth ataupun kabel USB dan mengubah teks di layar perangkat ke braille. Selain itu, alat ini didesain agar memungkinkan penggunanya melakukan navigasi perangkat guna memudahkan para penyandang tunanetra untuk melakukan tugasnya dengan cepat. Braille Edge 40 sendiri mendapat review yang cukup positif dari penggunanya walaupun harga yang ditawarkan mencapai USD 2750 atau sekitar Rp 36 juta.

 

  1. Liftware

4

(Sumber : Amazon)

Liftware adalah sebuah alat makan yang memungkinkan pengguna dengan gangguan gerak (seperti penyakit Parkinson) untuk memakan makanan mereka tanpa memerlukan bantuan siapa pun. Dilengkapi dengan pegangan yang mampu mengurangi getaran tangan hingga 70%, tentunya sudah cukup baik dalam mengatasi moderate tremors. Cara kerjanya adalah menggunakan sistem komputer on-board dalam mendeteksi gerakan dan kemudian memindahkan pegangan ke arah yang berlawanan dari getaran tangan. Alat yang dirilis pada tahun 2013 ini cukup terjangkau dengan harga USD 200 atau hanya Rp 2,7 juta.

 

Sumber : Kaskus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *