Penerapan Smart City di Seoul

Seoul dibilang pantas menyandang smart city bukan lantaran di dalam ibu kota Korea Selatan ini terdapat dua perusahaan raksasa Samsung dan LG. Namun lebih pada ambisi pemerintah setempat untuk mewujudkan Seoul sebagai kota cerdas berbasis pelayanan publik melalui teknologi informasi.

legco

Source: Legco

Seoul Metroploitan Government(SMG) memprakarsai program e-Government di tahun 1990an. Fase awal pengembangan difokuskan pada pembangunan database pemerintah, penyediaan layanan dan informasi publik melalui internet, dan peningkatan infrastruktur TIK. SMG mendirikan jaringan pada tahun 2003 untuk menghubungkan kantor-kantor pemerintah utama melalui kabel serat optik di sepanjang terowongan kereta bawah tanah Seoul. Pada tahun 2011, SMG menyelesaikan jaringan telekomunikasi berkecepatan tinggi yang terdiri dari jaringan Wi-Fi dan jaringan televisi sirkuit tertutup (“CCTV”) untuk memungkinkan warga memiliki akses gratis ke layanan pemerintah dan informasi melalui perangkat mobile mereka serta memfasilitasi Pengembangan layanan cerdas masa depan. SMG memasukkan TIK dalam strategi pembangunan kota di bawah Proyek u-Seoul yang diperkenalkan pada tahun 2004 dan Program Smart Seoul 2015 diperkenalkan pada tahun 2011. Dalam merancang Program terbaru, SMG telah mengadopsi pendekatan yang berpusat pada warga negara, yang bertujuan untuk mengembangkan hubungan kerja sama antara kota dan warganya dan membawa perbaikan material dalam kualitas hidup yang dinikmati oleh warga. Di bawah Program, SMG berencana untuk memperluas jaringan Wi-Fi publik pada tahun 2015 melalui kemitraan strategis dengan perusahaan penyedia jasa telekomunikasi.


Kecanggihan teknologi informasi di Korea Selatan semakin menggemaskan dalam lima tahun terakhir. Beragam ekosistem perintis (startup) mengalami pertumbuhan secara luar biasa pesat. Fenomena ini muncul berlatar pada dua hal, pertama mudahnya fasilitas dan akses  internet memupuk generasi muda untuk berlomba menggeluti enterpreneur di bidang teknologi informasi, dan kedua, karena Pemerintah Korea Selatan mencurahkan dukungan penuh terhadap segala hal yang memiliki kaitan dengan dunia teknologi informasi.

 

Di bidang transportasi publik, Seoul memiliki prinsip menyajikan kemudahan dan kenyamanan secara total kepada para penggunanya. Di setiap stasiun Subway dipasang fasilitas Digital View. Seperti halnya alat komunikasi sekelas ponsel, perangkat ini memberikan keleluasaan bagi para pengguna untuk melakukan panggilan domestik secara gratis.

Melalui paket perangkat Digital View, warga Seoul juga mendapatkan segenap kemudahan dalam bidang pelayanan publik. Dengan bentuk layar lebar dan menggunakan operasi sentuhan jari, perangkat ini menyajikan akses pembayaran umum, pajak, daftar film bioskop, kupon gratis, informasi cuaca dan aneka fitur lainnya.

 

 

Source:ale14045.blogspot.com & legco.gov.hk

(Ciel-027)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.