PHP 7 Feature (Bagian 1)

Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan sedikit pengenalan dari PHP versi 7. Pada PHP 7 terdapat beberapa perubahan dan fitur-fitur baru yang terdapat pada versi ini. Untuk fitur-fitur pada PHP 7 akan terbagi menjadi 4 bagian. Yuk, kita bahas satu per satu fitur-fitur baru apa saja yang ada pada PHP 7 pada bagian pertama ini.

Scalar Type Declarations

Fungsi ini sudah ada sejak PHP versi 5. Sedangkan pada PHP 7 ini terdapat beberapa penambahan tipe data yang dapat kita digunakan seperti bool, float, int dan string. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai Scalar Type Declaration, kamu dapat mengunjungi TutorialsPoint.com.

Return Type Declarations

Jika kamu sering menggunakan fungsi / function  pada PHP, maka saat ini pada PHP 7 kamu dapat menentukan tipe data dari nilai yang dikembalikan oleh fungsi / function tersebut. Contohnya:

1

Null Coalesce Operator

Jika kamu pernah menulis kode seperti dibawah ini:

2

Pada PHP 7, kamu cukup menuliskannya seperti ini :

3

Atau kamu dapat menggunakannya seperti ini:

4

Spaceship Operator

Spaceship Operator digunakan untuk membandingkan dua buah ekspresi. Fitur ini akan menghasilkan nilai 0 jika ruas kiri dan kanan memiliki nilai yang sama. Lalu, fitur ini mengembalikan nilai 1 jika nilai ruas kiri lebih besar dari pada ruas kanan serta akan mengembalikan nilai -1 jika ruas kanan lebih besar.

Untuk lebih jelas, lihat contoh dibawah ini :

5

Constant Arrays Using Define()

Saat  menggunakan PHP 5, kita mendefinisikan sebuah array konstan menggunakan const. Pada PHP 7, kamu sudah dapat mendefinisikan array konstan menggunakan fungsi define().

6

 

Sumber Tulisan : CodeDB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.